Wednesday, September 23, 2015

Tipe-Tipe Spare Part Arcade

Ada banyak sekali jenis komponen arcade. Dengan design, fungsi, daya tahan yang berbeda-beda. Setiap negara seperti mempunyai preferensi untuk design atau merek tertentu.

Kali ini kita akan melihat sebagian dari mereka, tapi saya hanya akan memberi generalisasi tanpa membahas spesifikasi setiap produk. Agar kalian sebagai pembaca tidak kewalahan dengan jumlah informasi yang berlebihan.

Jepang
Stick dan tombol dari Jepang umumnya dibuat untuk mesin arcade mereka yang pada umumnya berukuran lebih kecil. Tongkat stick buatan mereka kerap dibuat lebih pendek & sebagian tombol mereka dibuat agar bisa terkancing kencang tanpa memerlukan mur.

  • Sanwa Denshi
 
Sanwa merupakan produsen komponen arcade paling terkenal di Jepang karena produk mereka dipakai di banyak mesin arcade di Jepang. Kalian perlu waspadai produk tiruan karena ada banyak.



  • Seimitsu
 
 Produsen arcade parts paling terkenal kedua asal Jepang. Banyak arcade & juga produk 'rumahan' yang memakai komponen-komponen Seimitsu. Seimitsu identik dengan produk bubbletop dan tombol mereka yang transparan. Awas jangan sampai dapat produk Seimitsu yang palsu.

  • Hori












Selama ini Hori fokus membuat aksesoris video game untuk home console dan juga handheld console. Namun belakangan mereka mulai menjual komponen tombol & stick arcade ke khalayak umum dan juga pemilik mesin arcade. Bahkan menjalin kerja sama dengan Taito untuk menghadirkan mesin Vewlix dengan komponen Hori.

Korea
Stick Korea umumnya memakai design battop. Kerap memiliki tongkat yang relatif keras dan juga sangat sensitif. Design keseluruhan yang berbeda jauh dengan design stick Jepang menyebabkan orang tidak bisa memasang mayoritas stick Korea di produk yang sebelum nya memakai stick Jepang. Namun beberapa produk dari negeri Korea bisa dipasang di produk yang dibuat untuk memakai stick Jepang. Stick handle dari Korea juga umumnya menggunakan karet sebagai pegas. Bukan fer seperti kebanyakan stick handle lainnya.


  • Myoungshin


Produsen komponen yang terkenal di Korea Selatan. Banyak mesin arcade dan juga stick pribadi milik para pemain  yang menggunakan produk Myoungshin


  • Crown

Produk yang juga terkenal di Korea Selatan. Popularitas Crown menanjak naik setelah mereka mengeluarkan produk-produk yang lebih mudah dipasang di stick arcade modern(era PS3 dan sesudah nya) dari Mad Catz, Hori, dan produsen aksesoris home console.
  • Taeyoung

Produsen yang juga terkenal di Korea Selatan. Parts dalam stick buatan Taeoyoung bisa ditukar dengan parts dari dalam stick Myoungshin. Tetapi Taeyoung & Myoungshin adalah dua perusahaan yang berbeda.

 Amerika
Parts yang dijual pada umumnya cukup besar karena mesin arcade di negara Amerika Serikat kerap memiliki permukaan yang tebal di bagian meja(top panel) tempat stick & tombol terpasang.
  • Suzo/Happ



Merek yang dipakai di banyak mesin arcade di Amerika hingga kini. Sebelum nya Happ bekerja sama dengan Industrias Lorenzo. Oleh karena itu produk mereka memiliki banyak persamaan. Namun kini Happ telah merger dengan Suzo.

  • Wico
 

Memiliki produk yang menggunakan battop dan juga balltop. Sayang saya tidak mengetahui banyak mengenai produk mereka.


Eropa
Produk dari benua biru Eropa biasanya mirip dengan yang dipakai di Amerika Utara. Stick dan tombol mereka kerap dipasang di cabinet kayu yang berukuran tebal.

  • IL(Industrias Lorenzo)

Produsen asal Spanyol, Industrias Lorenzo sempat menjalin kerja sama dengan perusahaan asal negeri Paman Sam yaitu Happ(kini dikenal sebagai Suzo-Happ). Oleh karena itu produk mereka memiliki banyak kesamaan di design dan juga ukuran.

Australia
Sebagian besar cabinet arcade di Australia & negara tetangga nya Selandia Baru mempunyai design yang hampir sama dengan yang ditemui di negara-negara barat. Namun mereka menggunakan komponen buatan mereka sendiri dengan design unik.

  • MCA

Produk MCA banyak ditemui di arcade di Australia & Selandia Baru. Menggunakan karet sebagai pegas, bukan fer seperti stick kebanyakan stick. Juga balltop yang berukuran lebih kecil dari balltop yang dipakai di stick arcade Jepang.

China/Taiwan
 Agak sulit mengeneralisasi design produk-produk dari China. Karena saya temui beberapa produk yang memiliki design yang nyaris sama dengan produk dari negara lain. Tetapi juga ada yang memiliki design yang unik seperti tombol dari GamerFinger.

  • Bao Lian

Merek yang biasanya dijual di Indonesia. Sebagian dari produk terlihat mirip sekali dengan produk dari Jepang, sebagian lagi mirip dengan produk dari Eropa atau Amerika.
  • Calle

Produsen stick handle dengan design battop dan balltop. Design stick mereka mempunyai beberapa kemiripan dengan produk dari Jepang. Yang membedakan produk mereka adalah ukuran balltop yang lebih besar, battop yang ramping serta panjang, dan cara pemasangan battop/balltop. Yang kini bisa ditemui di Indonesia adalah produk Calle yang mirip dengan stick Happ dan IL.

  • GamerFinger

Tombol arcade asal Taiwan yang memakai teknologi yang biasa dipakai di keyboard mechanical. Memiliki pinggiran dengan bentuk yang tidak lazim. Mereka juga mulai memproduksi optical kit untuk pemilik stick handle Sanwa JLF.


  • Tanpa merek(generik)
Ada cukup banyak dari mereka. Dan sebagian dari mereka ada yang menggunakan design komponen dari Jepang, ada juga yang memiliki design mirip komponen-komponen dari negara barat. Tapi mereka tidak punya merek.

Sebaiknya Saya Beli Yang Mana?
Apabila kamu berencana untuk memasang komponen baru di cabinet atau stick arcade yang kamu miliki, maka kamu harus beli yang cocok.

Seperti memakai stick handle yang mempunyai tongkat panjang di cabinet arcade yang mempunyai permukaan yang tebal di bagian top panel(meja di mana stick & tombol dipasang). Atau apabila kamu membeli produk seperti Mad Catz Fightstick, maka kamu sebaiknya menggunakan produk dari Jepang agar kamu bisa memasang komponen baru dengan mudah, tanpa harus memodifikasi casing kamu sama sekali.

Apabila kamu punya pertanyaan silahkan tinggalkan pertanyaan di bagian komentar. Di Facebook kami juga boleh.

Waspadai Produk Imitasi!
Ada cukup banyak produk tiruan dijual di internet. Terkadang mereka mudah dikenali, terkadang mereka terlihat sangat meyakinkan.


Beli lah komponen arcade dari penjual yang terpercaya dan juga memiliki pengetahuan di bidang ini.

Referensi:
Kowal Reviews
Slagcoin
Tech Talk - Korean Arcade Parts Discussion

No comments:

Post a Comment