Tuesday, August 18, 2015

Saya Musti Beli Stick yang Mana?





Ada banyak sekali arcade stick yang dijual di pasaran. Apalagi kalau kalian ikut sertakan produk-produk yang dijual oleh bisnis kecil seperti kami. Setiap produk pun dijual di harga yang berbeda-beda.

Pertanyaan nya, beli yang mana?

Sebelum saya menjawab pertanyaan tadi sebaiknya kamu ketahui dulu dua kategori umum stick arcade.




Untuk Orang Awam atau Yang Pro
(perlu diingat dua kategori ini tidak dibuat oleh organisasi resmi atau sejenisnya. Hanya lah kategori yang dibuat agar artikel ini lebih mudah dipahami).

Saya sudah pernah menjelaskan dua kategori stick yang dijual di pasaran(click link berikut ini untuk part 1 kelas awam, part 2 kelas pro), namun saya akan membahas ulang sedikit di sini agar kamu bisa dengan lebih mudah mengerti isi tulisan ini.

Stick untuk pemain awam umumnya dijual di kisaran harga Rp 300 ribu hingga Rp 1 juta. Produk-produk ini juga biasanya tidak didesign untuk bisa dimodifikasi atau direparasi dengan mudah.



Hori Mini Fighting Stick 4, harga lebih terjangkau daya tahan cukup buruk.

Sedangkan produk untuk pemain pro yang menginginkan stick arcade yang lebih mirip dengan yang mereka temui di mesin arcade Jepang, mereka mempunyai karakteristik yang berbeda. Mereka dijual di harga yang lebih tinggi, biasanya di atas Rp 2 juta. Mereka juga berukuran lebih besar, mempunyai bobot yang lebih berat. Dan kualitas komponen yang digunakan pada umumnya sangat baik.




Razer Panthera, contoh stick dengan spare part arcade asli


Khusus kalian mengkoleksi aksesori game retro perlu kalian ketahui sebelum era PS2 nyaris semua produk yang dijual di pasaran memiliki ciri-ciri seperti produk yang dijual untuk orang awam. Baru lah saat memasuki pertengahan dekade 2000an Hori mengenalkan seri Hori Real Arcade Pro. Hori Real Arcade Pro mungkin bukan yang pertama(ada Sega HSS-0130 yang pakai stick Seimitsu asli), tapi mereka bantu mendorong trend produsen menghadirkan stick dengan komponen arcade asli.

baris atas: Hori Fighting Stick(SNES), Acemore Freedom 16(PC Engine), Virtua Fighter 4 Evolution Stick(PS2)
baris bawah: Street Fighter Anniversary Edition Arcade Stick(PS2 atau Xbox), Arcade Power Stick 6B(Mega Drive), Sega HSS-0130(Saturn)

Lalu di jaman PS3 dan seterusnya muncul lebih banyak lagi produk untuk 'pemain pro' setelah Capcom & Mad Catz berkolaborasi dalam menghadirkan produk Mad Catz Fightstick Tournament Edition.



Mana yang Harus Saya Beli?

Untuk mempermudah kamu dalam memilih produk, coba tanyakan diri kamu sendiri. Berapa budget yang saya miliki? apabila kamu punya sekitar 2 juta atau lebih maka kamu bisa mendapatkan stick kelas pro. Jika tidak maka kamu bisa membeli produk yang kelas awam.

Atau tanyakan diri kamu, apa kamu ingin serius menggeluti game atau genre yang kamu gemari? Misalnya kamu sangat menggemari Tekken, kamu ingin main di stick arcade, kamu berniat untuk mendalami game tersebut, kamu ingin menghabiskan waktu bertahun-tahun bermain Tekken dengan stick arcade. Maka disarankan agar kamu membeli stick yang tahan lama agar bisa dipakai dalam ribuan pertandingan dan sesi latihan yang tidak terhitung. Dan yang juga mudah diperbaiki apabila rusak(contoh: tombol yang rusak bisa diganti dengan tombol Sanwa).

Atau apa tujuan kamu membeli stick sebagai hadiah untuk orang lain? Apa mereka akan menggunakan stick tadi dalam waktu lama secara terus menerus?

Semoga artikel ini membantu.

Mau tahu lebih banyak mengenai karakteristik-karakteristik yang umum nya dimiliki oleh stick arcade? click link berikut ini untuk lihat tulisan-tulisan kami sebelumnya.



Dua Kategori Utama Stick Arcade part 1: Untuk Orang Awam

http://keoliz.blogspot.com/2015/05/dua-kategori-utama-stick-arcade-part-2.html





Dua Kategori Utama Stick Arcade part 2: Untuk Mereka yang Pro
http://keoliz.blogspot.com/2015/05/dua-kategori-utama-stick-arcade-part-2.html


Referensi:

SDTekken Tech Area
Wiki Arcade Stick

No comments:

Post a Comment