Sunday, July 12, 2015

Hasil Test Singkat Stick PC/PS3 KeoLiz di PS4















Ini adalah percobaan stick arcade PS3 yang kita rakit di KeoLiz.

Jalan tetapi ada tapi nya.
INFO: Controller PS3 jalan di PS4, HANYA di GAME TERTENTU.

Stick Harus Dicolok Sebelum Game Dimulai

Simple aja. Colok stick sebelum mulai game, load game nya, dan selanjutnya akan muncul pesan kalau kamu akan memakai Legacy Controller. Maaf saya nga sempat screenshot di saat saya test. Keburu player 2 pencet Okay.




Stick Jalan Dengan Baik

Semua tombol jalan normal. Stick bisa arahin karakter dengan normal. Saya sempat main Mortal Kombat X di PS4 selama kira-kira 30 menit dan rasanya saya nga temuin ada yang janggal, kecuali satu hal.



Susunan Tombol Jadi Berubah


Dan nyaris semua lokasi tombol stick yang kami pakai dalam tes berubah. Perhatikan gambar berikut ini.



susunan tombol ketika bermain di PS3



susunan tombol ketika bermain Mortal Kombat X, PS4

Ini yang terjadi ketika saya berhasil menghubungkan Booster Stick V2 ke PS4. Sebuah produk KeoLiz untuk PC/PS3. Bermain Mortal Kombat terasa begitu membingungkan sekali karena di otak saya seakan-akan ingatan dan pelajaran baru tak henti-henti nya bertantangan dalam konflik.

Semua terasa begitu membingungkan ketika saya coba pelajari isi Move List. Saya merasa game MKX ingin membantu, tapi saya malah dibantu jadi tambah pusing. Sebelum saya bicara lebih jauh mari kita lihat tombol serangan di Mortal Kombat X di settingan default:

1 = [] = Front Punch
2 = /\ = Back Punch
3 = X = Front Kick
4 = O = Back Kick

Seakan game ini ingin bicara "hei kamu ganti back punch ke tombol [] ya? nga apa2 aku gantiin deh instruksi2 di Move List list sesuai dengan button config kamu."

Saya beri contoh. Ice Ball Sub-Zero itu down,forward+2. Di settingan default kamu tekan down,forward+/\. Instruksi cara mengeluarkan jurus pembeku ini di Move List pun berubah ketika saya rubah config  menjadi down,forward+[].

"Tapi tombol kotak kan biasanya di sini, eh tunggu tombol kotak nya di sini, ini instruksi nya suruh pencet front punch atau back punch?" Itu tadi contoh arus informasi yang deras saling bertabrakan dalam kepala saya.

Solusi: buka casing, tukar susunan kabel.

Gini Aja Udeh Syukur
 
Saya bisa memaklumi karena stick arcade yang saya pakai sebetulnya didesign untuk dipakai di PC. Saya pribadi sudah bersyukur sekali Cowbs, beserta crew Lab Zero, dan semua yang terlibat menolong mereka berhasil membuat fitur yang di mana saya boleh menggunakan sebuah stick arcade PC untuk bermain sebuah game fighting di PS4.

Untuk saat ini fitur yang serupa dengan fitur Legacy Controller di Mortal Kombat X telah hadir di game Ultra Street Fighter IV, dan Skullgirls: 2nd Encore. Di lain kesempatan saya harap makin banyak game mengunakan 'USB driver' khusus ini, dan saya juga bisa melakukan tes serupa di lain game.



Tambahan

Perlu diingat  di Mortal Kombat X ketika kamu ingin menggunakan controller PS3, Dual Shock 4 kamu harus dalam keadaan ON. Di PS4 setiap player termasuk player 2 dan seterus nya yang ingin main, harus log in ke User Profile. Setidaknya log in ke Guest Account. Dan DS4 mu menghubungkan kamu ke sebuah User Profile. Ketika DS4 mati maka dianggap disconnected dan koneksi controller PS3 ke console ikut terputus.


Fitur Legacy Controller sendiri masih terus dikembangkan karena setiap developer game PS4 yang ingin mendapatkan USB driver ini bisa mendapatkan nya secara gratis. Dan semua perkembangan yang telah dilakukan oleh masing-masing developer yang menambahkan hal baru ke driver tersebut harus membagikan nya ke sesama developer.





No comments:

Post a Comment