Tuesday, June 30, 2015

Mengenal Seimitsu LS-40


Di pelajaran hari ini kita akan melihat stick arcade yang cukup jarang dipakai. Yaitu Seimitsu LS-40. Tepat nya seri LS-40-SE-01. Jadi apa sih yang menarik dari LS-40?



Tongkat Pendek
langsung saja kita bicarakan kekurangan stick ini, karena stick ini tidak punya banyak kekurangan. Seimitsu LS-40 punya batang besi yang pendek jika dibandingkan dengan stick lain. Sehingga kamu hanya bisa memasang stick tersebut di casing yang memiliki permukaan atas yang tidak tebal.

panjang 34mm VS 29,9mm


perbandingan ketinggian nya


Sebaiknya permukaan atas casing yang kamu pakai tidak lebih dari 1 cm(10 mm), karena dengan ketebalan permukaan di atas 1 cm maka jarak dari permukaan hingga dasar balltop hanya tinggal 2 cm, dan itu jarak yang relatif pendek.

dari permukaan atas sampai ke dasar balltop hanya sekitar 2 cm

Fer Yang Keras
Yang paling membedakan dari stick Jepang yang sering kalian temui(Sanwa JLF) adalah betapa keras fer yang digunakan oleh stick ini. LS-40 menggunakan spring yang cukup keras tapi seharusnya nga buat kamu cepat lelah.

Sangat Sensitif/Responsif
Apa kalian pernah menggunakan stick Seimitsu sebelumnya? karena stick Seimitsu umumnya lebih sensitif. Dalam arti, sedikit saja digerakan maka input arah kamu sudah terbaca. Ini karena stick Seimitsu LS-40 memiliki throw/engage distance yang lebih kecil. Dalam kata lain jarak dari posisi netral hingga tongkat stick mu menyentuh microswitch(yang menerima perintah) lebih dekat. Dekat nya jarak membuat stick LS-40 lebih responsif.


Aneka Gaya Main Dari Satu Restrictor Gate
Keunikan ketiga yang dimiliki stick seperti Seimitsu LS-40 adalah kamu diberi restrictor gate yang bisa kamu atur mode arah nya. Terdapat mode 2-way, 4-way, atau 8-way direction. Yang dimaksud dengan mode yang berbeda adalah, kamu bisa batasi pergerakan tongkat stick kamu agar tidak kamu tidak bisa gerakan stick ke arah yang kamu tidak mau.


Ketika kamu bermain game yang hanya membutuhkan dua arah seperti Defender maka kamu bisa mengatur stick mu ke mode 2-way direction, agar stick kamu hanya bisa digerakan ke atas & ke bawah.

 kamu hanya butuh arahkan stick ke atas atau bawah dalam game Defender

 Sedangkan di game seperti Pac-Man kamu hanya ingin bisa menggerakan stick mu ke arah atas, bawah, kiri, dan kanan karena di game tersebut tidak diperlukan arah diagonal seperti up/forward.
Kamu hanya butuh 4 arah untuk main game Pac-Man


Namun di game seperti Tekken, stick mu harus bisa digerakan ke delapan 8 arah.
Main Tekken tanpa arah diagonal bagai sayur tanpa sayur. 


Lebih Mudah Dengan Konektor 5-Pin
Seperti stick Jepang lain di masa kini pada umumnya, Seimitsu LS-40 juga mengunakan 5 pin connector yang memudahkan kalian dalam memasang stick tersebut ke stick arcade atau cabinet arcade kalian.
 gampang toh?

Balltop warna warni shaft cover juga, dust cover juga
Bukan saja balltop Seimitsu LS-40 yang tersedia dalam banyak varian warna. Namun dust cover & shaft cover joystick juga tersedia dalam aneka warna, sehingga bagian dari warna stick handle mu secara keseluruhan bisa dibuat seragam dengan balltop.

 Ini mengingatkan saya akan Power Ranger. It's Morphing Time!

Punya Stick Keren Kayak Seimitsu? Buat Apa?
Stick ini cocok untuk pemain yang suka main dengan stick arcade sangat responsif, sensitif, dan keras. Mungkin bagi kalian yang sudah terbiasa dengan stick arcade Korea seperti Myoungshin Fanta yang keras & sensitif akan menyukai stick ini.

Dengan kelebihan di beberapa faktor seperti restrictor gate yang bisa diatur, membuat stick Seimitsu LS-40 produk yang tentu mampu bersaing dengan banyak sekali stick arcade lain nya.

Jika kamu masih penasaran dengan rincian spesifikasi kalian bisa temukan banyak informasi dari link di bagian referensi.

Referensi:
- Arcade-Museum.com, Defender
- Arcade-Museum.com, Pac-Man
- Kowal, Seimitsu LS-40
- Slagcoin, Brands & Attributes
- Akishop

No comments:

Post a Comment