Tuesday, May 19, 2015

Melihat Kembali Atari 2600

Dua puluh tahun lebih sudah plastik ini membungkus console pertama gw. Berhenti dimainin karena semenjak gw punya NES. Console ini dulu dikasih sepupu gw yang lahir sekitar 10 tahun lebih awal dari gw.





Console ini adalah Atari 2600. Yang gw punya adalah Atari 2600 Jr. yang mulai dijual di pasaran mulai 1984. Sedangkan Atari 2600 sendiri sudah ada di pasaran sejak 1977. Tapi gw baru mulai main Atari di tahun 1990 apa 1991, gw lupa.



Plastik yang dibungkus udah bau apek, karet gelang yang ngiket aja udah kering lapuk saking lama nya. Tapi console nya masih bekerja dengan baik. Itu lah hebat nya console yang punya mekanisme lebih sederhana karena mereka cenderung lebih mampu tahan lebih lama.

Satu jam pertama dihabisin untuk ngehidupin Atari 2600 ini karena di dalam bungkusan nga ada adaptor nya. Gw coba pakai adaptor laptop, charger Nokia jaman dulu, sampai coba pakai charger PSP. Lucu juga sih kalau pakai charger PSP karena itu udah kayak anak kecil yang bantu kakek2 jalan lagi.

Setelah gw Google untuk lihat tipe colokan Atari 2600 baru lah gw sadar kalau colokan nya mirip audio jack 3.5mm. Dan kebetulan di rumah ada adaptor yang punya colokan seperti itu. Coba colok di power outlet, begitu lampu indicator power menyala lagi gw langsung seneng, nga sabar buat nyobain di TV.

Pasang di TV, cari channel VHF, begitu dapat channel nya tapi ngerasa agak ragu apa gw udah dapat channel nya?. Apa ini tampilan Atari 2600? Alasannya karena yang terlihat background maroon + garis2 pink. Gw ganti game lain, bersihin catridge pakai korekan kuping kering, dan game nya akhirnya muncul.

Anyways beberapa jam ke depan gw & teknisi coba ngekalibrasi kedua controller yang ada. Controller yang pertama suka mencet sendiri terus. Seperti nya karena ada bagian di dalam yang udah kurang elastis, ada kotoran2 juga. Sesudah dibuka, diservis, ditutup, eh masih mencet2 sendiri juga. Tapi setidaknya arah nya udah responsif semenjak dibersihiin dan dikasih gemuk. Dicek fer/pegas di tombol dan memang fer nya terlalu keras jadi bikin tombol kepencet terus. Gw kurang perhatiin proses reparasi jadi nga bisa cerita dengan lebih rinci dari ini.



Sementara controller yang satu dibenerin gw pakai dulu controller yang masih baik, tapi yang gw pakai pun punya masalah di arah karena arah atas, bawah, kanan udah nga responsif lagi. Ya setidaknya masih bisa dipakai dan didokumentasiin permainannya. Mungkin penempatan karet arah nya agak miring kali.


Nga butuh install game, nga butuh update firmware, nga butuh download patch



Gw dalam beberapa hari kedepan mau kalibrasi controller, sekalian ngerasain lagi pengalaman main video game yang jauh lebih sederhana.

No comments:

Post a Comment